Oganic farming (Pertanian organik)

Minat taruna STPP Malang terhadap budidaya tanaman organik dan pertanian terpadu sangat. Namun selain itu kesadaran taruna STPP Malang terhadap isu-isu global bidang lingkungan terutama isu-isu pencemaran sudah sangat mengerikan. Atas dasar berbagai hal tersebutlah kemudian SOFT didirikan.

SOFT merupakan singkatan dari kalimat STPP Organic Farming Team. SOFT terbentuk mulai tanggal 18 September 2015, namun di SK-kan pada tanggal 28 Oktober 2015. Soft merupakan unit kegiata taruna yang dibina oleh seluruh elemen laboratorium, instalansi dan terumata tim teknologi produksi STPP Malang. Awal mulanya soft merupakan organisasi kecil yaitu kelompok agribisnis. Kemudian diusulkan menjadi komunitas taruna dibidang lingkungan terutama tim produksi tanaman organik dan Pertanian terpadu berkelanjutan.

Philosofi dari nama ini adalah kata “SOFT” dalam kamus bahasa inggris. Soft memiliki arti lembut, halus, ramah sehingga dalam menanam tanaman organik diharuskan memperlakukan tanaman dengan penuh kelembutan dan ketenangan serta ketelatenan. Apabila tanpa didasari sikap telaten maka hasilnya tidak akan memuaskan.

SOFT memiliki motto diambil dari pendapat Confucius (551 SM-479 SM) yaitu “ If you think in terms of a year, plant the seed; if in terms of ten years, plant trees; if in terms of 100 years, teach the people”. Maknanya adalah setiap yang dlakukan oleh seseorang adalah suatu wujud ibadah, karena manusia merupakan makhluk yang berakal dan berhati yang sudah kewajibannya menjaga keseimbangan alam salah satunya dari pertanian yang ramah lingkungan. Manfaat dari apa yang telah dilakukan oleh soft dan dilestarikanmerupakan sesatu yang bernilai abadi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s